Header Ads

Membuat Storyboard Aplikasi Multimedia

Storyboard


Cara Membuat Storyboard Aplikasi Multimedia. Storyboard adalah sejumlah gambar, didukung dengan catatan directional, yang membentuk script visual untuk sebuah Animasi. Mereka bertindak bagaikan sebuah konsep (ide) yang membantu dalam proses perencanaan, dan berfungsi untuk menguraikan peristiwa dan tindakan. Yang menentukan dari sebuah storyboard adalah pada adegan (scene), durasi (timing), kamera-shot, dan audio. Setiap gambar dalam storyboard harus menggambarkan dengan jelas elemen-elemen film yang meliputi gerakan kamera, adegan, pemotongan kamera (cut), dan dialog karakter.
Pembuatan film adalah proses yang sangat mahal dan karena itu membutuhkan perencanaan yang matang dan pemikiran intens. Sejak studio Disney pertama kali dikembangkan, teknik storyboard telah menjadi pusat dalam proses produksi animasi. Pada saat itu cara membuat Storyboard aplikasi multimedia termasuk teknik yang digunakan sudah sangat beragam seperti pendekatan untuk pembuatan sebuah film. Ingat, tidak ada aturan khusus dalam pembuatan storyboard, melainkan hanya garis panduan. Tujuan penting dalam storyboard adalah untuk mengkomunikasikan ide dengan jelas sehingga tidak muncul kebingungan yang tidak diinginkan.




Storyboard menyediakan sistem dimana unsur-unsur pembuatan film dapat didefinisikan sebelum proses produksi dimulai. Kita jelas membutuhkan pemahaman dari film untuk pembangunan sebuah film terstruktur dengan baik….. storyboard memungkinkan kita untuk mengembangkan script sebelum proses produksi dimulai. Dalam hal ini cara membuat storyboard aplikasi multimedia akan membantu memperbaiki shot kamera, adegan dan urutan adegan, juga teknik untuk transisi antara adegan satu ke adegan berikutnya. Ingat bahwa adegan bisa saja berada-terjepit di antara dua adegan lainnya. Efek dari sebuah adegan sangat dipengaruhi tidak hanya oleh isi dari adegan sebelumnya, tetapi juga oleh transisi antara dua adegan. Cobalah untuk melihat gambar secara menyeluruh dari seluruh storyboard dan bayangkan bagaimana gambar itu bergerak sesuai rancana. Lakukan hal tersebut setiap kali kita menyelesaikan satu gambar ke gambar berikutnya dan perhatikan serta bayangkan bagaimana semua urutan gambar mulai terbentuk.

Seberapa Panjang Storyboard yang Anda harus Buat ?

Sertakan gambar dalam storyboard sebanyak yang diperlukan untuk menggambarkan secara akurat urutan kejadian. Setiap gambar harus menunjukkan aspek-aspek penting dari sebuah film. Sebuah gambar harus mengandung setidaknya salah satu dari hal berikut:
·         Sebuah Action/Adegan penting.
·         Kamera Cut/Disolve/Fade in – Fade out.
·         Gerakan Kamera – Camera Movement.
·         Tanyakan pada diri sendiri, “Apa gunannya ini saya buat ?”.
Jumlah gambar yang diperlukan untuk membuat storyboard aplikasi multimedia sangat bervariasi. Idealnya, tidak boleh terlalu banyak, tapi selalu harus ada cukup banyak gambar untuk mengkomunikasikan ide-ide secara memadai dan seefisien mungkin. Terlalu sedikit buruk. Terlalu banyak sama buruknya. Pada banyak proyek-proyek komersial storyboard sangat membantu dalam membuat anggaran dan menyelesaikan banyak masalah sejak awal karena akan meminimalkan kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi pada saat produksi. Hal ini tidak hanya dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya, tapi juga anggapan buruk yang dapat saja terjadi pada bagian produksi.

·         Ada 2 Tujuan dalam Pembuatan Storyboard Aplikasi Multimedia :
  • Untuk berkomunikasi ide-ide seakurat mungkin kepada orang lain.
  • Untuk mengatasi masalah sedini mungkin dalam proses produksi.
·         Berikut Cara Sederhana Mengkomunikasikan Ide :
  • Tentukan tujuan film Anda. Untuk menyampaikan informasi atau menjual produk ?
  • Kumpulkan sebanyak mungkin referensi. Penelitian akan menciptakan ide-ide yang lebih kuat dan meningkatkan kesadaran.
  • Ber-imajinasilah dengan sentuhan dramatisasi yang menarik tentang bagaimana Anda bercerita. Banyak orang bisa mengatakan lelucon yang sama, tetapi hanya beberapa orang yang menceritakan lelucon yang sama lebih baik daripada yang lain.
·         Konsep desain storyboard yang baik adalah:

·         Konsep yang mampu memberikan jawaban/jalan keluar terhadap problem-problem yang ada sesuai dengan kebutuhan SME/audience. Ini menggunakan riset, eksperimentasi, kritik, dan analisa. Dari segi pendekatan visual maupun copywriting mampu menarik khalayak untuk melihat, mengerti dan kemudian mengambil tindakan yang diharapkan sebenar-benarnya.
·         
·         Storyboard yang baik harus bisa menjawab pertanyaan
·         
·         1.Apa yang sebenarnya ingin dicapai?
·         2.Berapa lama tujuan tersebut akan dapat dicapai?
·         3.Apa strategi yang paling cocok untuk mencapai tujuan tersebut ?
·         


·         Jumlah detail visual dalam setiap panel harus sehemat mungkin. Jangan terlalu banyak detail pekerjaan gambar dalam storyboard. Cobalah mengetahui dan memahami dengan jelas hal-hal penting dalam setiap gambar sebelum Anda memulai membuat storyboard aplikasi multimedia. Masukkan hanya poin-poin yang relevan dengan film yang akan dibuat. Jangan buang waktu dan usaha hanya untuk membuat detail gambar di suatu tahap yang masih awal pengembangan. Jika detail tidak penting bagi naskah dan struktur film, tinggalkan saja. Kadang-kadang ide yang baik perlu menyertakan sketsa pendukung yang sesuai dengan storyboard. Rencanakan ruang dan beberapa detail sketsa untuk mendukung ide-ide Anda sehingga akan menjadi ide yang baik.

·         Beberapa poin yang perlu dipertimbangkan dalam membuat storyboard :
  • kontinuitas
  • suara
  • musik
  • gerakan
  • komposisi
  • warna
  • suasana hati
  • struktur
  • pementasan
  • dialog
·         Pertanyaan yang perlu dipertimbangkan sebelum memula membuat storyboard diantaranya :
  • Untuk siapa storyboarddibuat ?
  • Apakah ada anggaran untuk storyboard ?
  • Berapa banyak waktu yang ada untuk pembuatannya ?
  • Sebanyak apa umpan balik dari rekan-rekan kerja setiap menyelesaikan tahap-tahap storyboard ?
  • Dimana film akan ditampilkan ?
  • Format apa yang harus digunakan ?
  • Berapa lama film yang akan dibuat ?
  • Pertimbangkan respon emosional penonton.
  • Bagaimana Anda akan mendapatkan perhatian mereka ?
  • Pertimbangkan kecepatan film.
·         Saat storyboard mulai dibuat, perlu juga dipertimbangkan beberapa hal penting. Berikut ini beberapa hal dan pertanyaan sementara yang perlu diperhatikan saat proses pembuatan storyboard :
  • Apakah setiap gambar yang telah dibuat memang diperlukan ?
  • Apakah setiap gambar sudah dapat menyampaikan pesan dengan jelas ?
  • Apakah setiap gambar saling berkesinambungan dan terstruktur ?
  • Apakah storyboard sudah mewakili semua pesan yang Anda miliki dan akan Anda sampaikan ?
  • Pertimbangkan sudut kamera.
  • Pertimbangkan posisi kamera.
  • Pertimbangkan pencahayaan adegan.
  • Pertimbangkan kecepatan film.
  • Pertimbangkan dimana pemotongan adengan harus dilakukan.
  • Pertimbangkan bagaimana pemotongan harus terjadi.
·         Rough Storyboard (Storyboard Kasar)
·         Adalah sebuah tindakan kasar storyboard dalam bentuk sketsa. Storyboard kasar biasanya monokrom dan dibuat menggunakan goresan-goresan pensil secara kasar. Pada tahap ini masih sangat mungkin dilakukan perubahan-perubahan gambar sketsa.

·         Storyboard
·         Pada tahap ini storyboard sudah siap digunakan dan harus mengandung semua informasi yang dibutuhkan untuk proses produksi. Pada tahap ini sebuah storyboard harus mencakup :
  • dialog
  • gerakan kamera
  • penerangan
  • soundtrack
  • ringkasan singkat dari tindakan
·         Presentasi Storyboard
·         Sepenuhnya merupakan hasil dari versi storyboard yang sudah final. Berbagai panel kunci storyboard dapat sepenuhnya diberikan pada seluruh storyboard. Presentasi storyboard merupakan bagian dari pekerjaan lapangan ke klien. Tujuan dari presentasi storyboard tidak hanya untuk mengkomunikasikan ide, tetapi juga untuk menunjukkan standar profesional kerja secara nyata. Storyboard dianggap selesai ketika ide-ide Anda telah didefinisikan sejelas mungkin dan ada cukup informasi untuk seluruh tim produksi.

·         Animatik/Leica Reel
·         Animasi, seperti yang kita semua tahu, merupakan media berbasis waktu atau timing. Ini berarti merupakan kumpulan rangkaian gambar yang dijalankan dan dilihat dalam waktu tertentu. Ini bukan satu gambar yang dilihat untuk waktu yang tidak ditentukan. Storyboard yang telah kita buat dan lihat sangat berharga dalam perencanaan sebuah animasi. Sebuah animasi adalah proses perakitan dan melihat gambar Storyboard bersama-sama dengan track audio. Dengan menggunakan perangkat lunak non-linear-editing, memungkinkan mengedit adegan sesuai perencanaan dengan akurat.


·         Cara Membuat Storyboard untuk Film 
·         
Storyboard sangat penting untuk menggambarkan untuk membuang Anda dan kru apa tembakan di 
·         sebuah film akan terlihat seperti. With a little practice, your storyboards will not only speed up the filming process, but also enable you to fully realize your artistic vision. Dengan sedikit latihan, storyboard Anda tidak hanya akan mempercepat proses pembuatan film, tetapi juga memungkinkan Anda untuk sepenuhnya mewujudkan visi artistik Anda.
Menganalisis script Anda. Tergantung pada bagaimana tangan-on Anda, Anda mungkin storyboard saat-saat penting dari film ini, beberapa tembakan per adegan, atau setiap gerakan kamera tunggal. Duduklah dengan script dan menemukan adegan yang paling penting bagi Anda dan cerita. Fokus pada mereka terlebih dahulu, dan menggunakannya sebagai titik Anda melompat-off. Menarik catatan di margin atau menyimpan catatan secara terpisah pada pad, mencatat nomor adegan dan halaman.
Gambar tembakan. Sebelum Anda mengambil langkah lebih lanjut, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki visi yang jelas tentang apa yang masing-masing ditembak akan terlihat seperti.. Pikirkan bagaimana Anda akan menjelaskan tembakan kepada orang lain, bagaimana hal itu akan terlihat melalui kamera, bagaimana akan melihat ke penonton dan bagaimana hal itu akan melihat Anda, menonton dari luar. Ini adalah bagian dari proses previsualization, atau “previz,” yang menentukan bagaimana film akan terlihat.
Tentukan media Anda. Direktur Ridley Scott menarik gambar pensil kecil yang krunya panggilan Ridleygrams pada saat pengambilan gambar. Direksi lain menggunakan apa yang disebut animatic, coverting storyboard untuk gambar digital, membuat versi awal film dengan tokoh-tokoh tongkat dan bentuk samar yang dapat diawasi. Ini dapat digunakan kemudian untuk memastikan bahwa setiap bidikan secara sempurna. Apakah Anda memilih untuk membuat slide dalam PowerPoint atau membuat gambar kecil tongkat-angka pada kartu file, aturan yang sama dan Anda dapat melakukan sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan.
Buat storyboard Anda. Yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa storyboard Anda tidak memerlukan penjelasan sama sekali. Ini akan membutuhkan beberapa latihan, tetapi dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar komik, gelembung pidato dan garis gerakan, Anda harus dapat menceritakan kisah film Anda hanya dengan storyboard Anda. Orang
Berbagi storyboards Anda. Film merupakan media kolaboratif, dan storyboard adalah salah satu cara yang bagus untuk memastikan bahwa setiap orang yang terlibat memahami visi Anda. Luangkan waktu sebelum Anda menembak untuk memastikan bahwa setiap orang pada halaman yang sama dan memahami apa yang Anda inginkan. Anda sebelum menembak.
·         Sebuah template storyboard sangat penting jika Anda meletakkan bersama sepotong multi-media seperti video atau DVD. storyboard Anda adalah apa yang akan menentukan apa desainer grafis Anda akan datang dengan, apa-overs suara Anda akan mengatakan, apa yang ilustrator Anda akan menarik, apa fotografer Anda akan menembak, apa soundtrack Anda akan, dan apa yang programmer anda akan menghasilkan. Sebuah template storyboard adalah apa yang perlu Anda harus memastikan bahwa storyboard Anda keluar kanan.
·         Jadi storyboard Anda dimulai dengan template storyboard Anda. Bagaimana Anda membuat hal ini? Mulailah dengan mengurus medium yang Anda gunakan untuk itu. Di Word, masuk ke modus landscape, membuat template Anda, dan biarkan setiap halaman menjadi satu layar. Jika Anda menggunakan PowerPoint, membuat template dan membiarkan setiap slide menjadi satu layar. Jika Anda menggunakan Adobe Captivate, Anda dapat mengambil pendekatan pembangunan yang pesat dan hanya mulai menulis seluruh storyboard secara langsung dengan alat authoring Anda. Dan kemudian ada banyak program perangkat lunak komersial storyboard yang mengajarkan Anda bagaimana untuk membuat template dalam diri mereka.
·         Beberapa orang lebih suka menggunakan program menulis teks dan menulis teks-storyboard saja, meninggalkan gambar akhir yang sebenarnya dan soundtrack sampai dengan produser, yang hanya mengikuti deskripsi tekstual dalam blok. Tapi secara umum ini bukan cara terbaik untuk membuat storyboard. Visual yang ada untuk memicu imajinasi dan melihat mereka bertindak seperti konsep kasar visual. Hal yang sama berlaku untuk soundtrack dalam hal audio. Anda tidak keras atas kreativitas siapa pun dengan memproduksi storyboard penuh.
·         Jadi, sekali Anda telah dipanggil template storyboard Anda, bagaimana Anda mengisinya dan membuat storyboard Anda? Anda perlu membuat bagian-bagian berikut:
·         Judul Bagian: Di sini anda menaruh topik, modul, unit, atau nama pelajaran.
·         Screen Nomor Bagian: Anda ingin pengenal unik untuk masing-masing layar Anda. Jadi anda bisa menggunakan, katakanlah, “t1m2s4? Untuk topik 1, modul 2, layar 4.
·         Visual Bagian: Gambarlah menyisipkan visual atau foto, grafis, dll. Anda juga dapat mencakup teks yang akan ditampilkan di layar, atau Anda dapat membuat bagian lain untuk teks.
·         Audio Bagian: Di sinilah tempat anda menulis naskah, nama dari file musik atau rekaman, dan efek suara (SFX) yang akan bermain di layar masing-masing.
·         (Kemungkinan) Bagian Interaksi: Jika Anda storyboard untuk sesuatu yang interaktif, seperti video di situs Web Anda, di sini adalah di mana Anda menggambarkan interaksi yang terjadi pada setiap layar. Ada baiknya untuk menulis ini di bahasa pemrograman seperti untuk programmer Anda. Jadi, misalnya, Anda mungkin menulis “Jika tombol 3 akan diklik, masuk ke layar u1m24″.
·         (Kemungkinan) Bagian bercabang: Untuk produksi interaktif, di sini semua sistem percabangan yang mungkin didefinisikan. Percabangan tidak sama dengan interaksi. Bercabang adalah sistem navigasi keseluruhan, sehingga setiap interaksi yang mungkin dalam video harus dipertanggungjawabkan di sini.
·         Ingat, seni tinggi storyboard semakin sebanyak menjadi satu layar mungkin. Anda ingin storyboard Anda untuk menjadi lebih detail, tapi dengan yang mengatakan Anda ingin sesederhana mungkin.
·         Setiap pembuat film mempunyai cara dan inovasi sendiri dalam mengutarakan ceritanya. Di dalam dunia film animasi, storyboard berperan penting sebagai panduan bagi orang yang terlibat didalamnya, mulai sutradara, penulis cerita, lighting, kameramen, dsb. Kesemuanya itu dimulai dengan Storyboard. Untuk melengkapinya, maka diberia kata-kata(dialog) yang diambil dari naskah\script yang diterjemahkan ke dalam gambar. Para ilustrator(seniman pembuat storyboard)menggambar panel-panel yang berisi karakter, aksi sang karakter, dan lingkungan sekitanya. Selain itu tujuan dari pemakaian storyboard adalah memungkinkan seseorang pembuat film untuk menvisualisasikan ide-idenya dan juga sebagai alat untuk mengkomunikasikan ide dari keseluruhan film. Storyboard tak hanya diperuntukkan buat adegan action yang rumit tapi juga film kecil dan romantis biasanya menggunakan storyboard karena dapat membantu sutradara dalam memperjelas emosi dan dialog yang ingin dimunculkan dalam film tersebut. Storyboard pada dasarnya sama dengan storyline tapi dalam bentuk gambar. Biasanya orang awam akan lebih mengerti jika diberi storyboard karena bentuknya panel gambar dibandingkan storyline yang berupa cerita. Karena cerita perlu berimajinasi dan membayngkan jalan cerita yang ada. Storyboard merupakan area berisi dari sebuah gambar sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukkan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita. Ibarat kata storyboard bentuk seperti komik namun tana blon dialog dan beda fungsi. Tujuan utama storyboard adalah untuk menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita. Storyboard juga berperan dalam pewaktuan pada sebuah sequence, sudut pandang kamera, perpindahan dan kesinambungan anatara elemen dalam satu frame.
·         2. KELEMAHAN STORYBOARD DAN SOLUSINYA
·         Kelemahan storyboard adalah ketidakdapatannya untuk menunjukkan gerakan – gerakan kamera, beserta efek optikal, seperti pemudaran (Blur, disolving). Namun demikian setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Solusinya yang paling mudah yaitu dengan menggunakn tulisan dan gambaran skematis untuk mendeskripsikan apa yang tidak dapat digambarkan. Selain itu juga ada beberapa teknik yang digunakan oleh ilustrator untuk menunjukkan gerakan kamera dan ruang yang lebih lebar. Selain itu,yang perlu juga diperhatikan adalah batas pinggir dari sebuah storyboard (bingkai\frame). Tujuannya adalah untuk menunjukkan sudut pandang yang dipilih dari keseluruhan ruang.
·         3. SIAPA PENGGUNA STORYBOARD
·         ADVERTISING, Agen ini menggunakan presentasi storyboard untuk menjual produk kepada klien. VIDEO GAMES, Vide game menggunakan banyak perencanaan termasuk brainstroming konsep dari game dan interaksi pemakai. SERIAL TELEVISI, Terkadang pada saat bekerja di pertelevisian khususnya film berseri, sutradara memerlukan storyboard hanya pada sequence yang komplek. MULTIMEDIA, Banyak dipakai untuk CD edukasi, pelatihan atau program tutorial,dll. WEB DESIGN, Biasanya digunkan untuk sketsa web seperti gambar, video, animasi dan ilustrasi. INDUSTRI PEMERINTAHAN, Digunakan juga untuk menampilkan ide – ide pada saat pembuatan sebuah proyek video pemerintahan
·         4. PROSES STORYBOARD
·         PERSIAPAN PERTEMUAN DENGAN SUTRADARA
·         Langkah pertama adalah membaca script yang sudah disetujui. Biasanya para storyboard artis membuat skets thumbnail sebagai acuan dasar yang nantinya akan diperlihatkan kepada sutradara. Hal ini penting untuk dilakukan karena bisa mengurangi perubahan-perubahan yang mencolok pada saat proyek berlangsung. Yang perlu dilakukan oleh storyboard artis kepada sutradara yaitu bertanya ;
·         Apa tujuan secara emosional dari cerita.
·         Apa saja kepribadian dari karakter.
·         Apa mood dari cerita secara keseluruhan.
·         Apa mood cerita di tiap scene.
·         Warna apa yang mendominasi di setiap frame.
·         Berapa karakter yang masuk bergantian di tiap scene.
·         Bagaiamana yang anda inginkan mengenai perasaan dari penonton.
·         RISET
·         Suatu saat sutradara menginginkan anda membuat landscape tentang keadaan masa depan. Apa yang anda lakukan yaitu salah satunya melakukan riset mengenai bangunan, kendaraan, environment, pakaian, dll.THUMBNAIL Tahap ini merupakan tahap paling awal yang dipakai oleh ilustrator, yaitu menggambar dalam bentuk panel sketsa yang masih sangat sederhan. Yang ada hanya nomor urut yang berfungsi sebagai index dan pergerakan kamera atau pergerakan karakter yang diberi simbol tanda panah.
·         ROUGH PASS
·         Setelah sutradara melihat storyboard dalam bentuk sketsa kasar, biasnya ada perubahan yang terjadi dan ini sudah merupakan hal yang lumrah terjadi. Misalnya penempatan karakter serta angle camera\sudut kamera. Tahap revisi darin thumbnail ini disebut Rough Pass.
·         CLEAN-UP STORYBOARD
·         Tahap terakhir ini merupakan tahp siap pakai. Biasanya sudah lengkap dengan narasi, dialog, keterangan sound FX(suara angin, petir,dll). Garis bantu yang biasa dipakai pada saat menggmbar sudah dihilangkan, gambar, background sudah betul-betul hidup dan full color sehingga mudah dipahami.
·         ANIMATIC STORYBOARD
·         Sebenarnya bagian ini merupaka draft dari film animasi yang dibuat. Disitu sudah ada dialog, sound FX, narasi, layaknya sebuah film, namun bedanya adalah gambar dari animatic storyboard adalah gambar still\diam karena materi yang dipakai dari storyboard yang diolah kemudian diproses melalui software editing(premier) lalu dirender berupa out put file movie. Dengan adanya animatic dapat mengurangi kesalahan dan dapat dilakukan perbaikan.
·         ASPECT RATIO
·         Aspect ratio adalah sebuah ukuran yang berhubungan dengan lebar dan panjang sebuah layar. Aspect ratio digambarkan dengan bilangat digit di belakang koma berbanding satu. Misal 1.5 : 1 atau 1.33 : 1. Angka pertama yang terdiri atas satu\dua digit di belakang koma (1.5 dan 1.33) adalah lebar dari frame\layar berdasar unit(cm,inchi,m). dan perbandingannya adalah tinggi dari frame. Misal menggunakan unit cm, maka 1.5 cm adalah lebar dan 1 cm adalah tinggi. FORMAT UMUM ASPECT RATIO Kebanyakan film sekarang menggunakan format 1.85 : 1 atau 2.35 : 1, dan sebagai standartnya 1.85 : 1. Standart televisi 1.33 : 1, namun sekarang banyak produk televisi yang menggunakan 1.78 : 1(layar lebar). Berbagai jenis aspect ratio :
·         PRINSIP FILM ANIMASI
·         POSE TO POSE
·         Dalam membuat animasi, hanya membutuhkan 2 objek yaitu objek diam dan objek bergerak. Sedangkan objek didalam\dianataranya akan dibuat oleh komputer, biasa disebut dengan istilah inbetween. Untuk animasinya dengan menggunakan key-animation agar objek bergerak.
·         TIMING
·         Seperti diterangkan didepan, film animasi merupakan suatu gambar yang bergerak. Jadi dalam tiap gerakkan frame per detiknya mengalami perubahan gerak. Disinilah disebut dengan timing. Artinya setiap gambar memiliki durasi\timing yang telah disepakati oleh para animator bahwa 1 gambar mewakili 2 frame. Sedangkan untuk 1 detik diperlukan 24 frame (standart film), jadi untuk 1 detik diperlukan gambar sebanyak 12 gambar. Ada beberapa hitungan frame ;
·         1 detik 24 gambar disebut On(1)One artinya 1 gambar untuk 1 frame.
·         1 detik 12 gambar disebut On(2)Two artinya 1 gambar untuk 2 frame.
·         1 detik 8 gambar disebut On(3)Three artinya 1 gambar untuk 3 frame.
·         Dengan waktu dapat menentukan cepat lambat gerakan objek animasi.
·         C. STRETCH & SQUASH
·         Stretch adalah salah satu bentuk kelenturan suatu objek yang mengalami sedikit penekanan pada tubuhnya ketika sedang bergerak dengan cepat. Squash adalah bentuk kelenturan objek saat bergerak dan menabrak dan memantul sehingga objek terlihat mengalami penekanan.
·         D. ANTICIPATION
·         Merupakan gerakan awal sebelum benda bergerak atau bisa disebut gerak ancang-ancang.
·         E. SECONDARY ACTION
·         Gerakkan yang muncul setelah gerakan utama berjalan sehingga menimbulkan efek di gerakkan terakhir, inilah disebut secondary action. Seperti anak panah yang dlepaskan dari busurnya dan menancap pada balok dan bergetar. Nah bergetar ini lah gerakan kedua (secondary action).
·         F. FOLLOW TROUGH & OVER LAPPING ACTION
·         Gerakan yang saling mempengaruhi antara yang satu dengan yang lain. Misal, disaat berlari rambut, tangan, kaki dan baju semuanya bergerak mengikuti kecepatan lari.
·         G. EASY IN & EASY OUT
·         Meskipun dunia film animasi merupakan buah karya kreatifitas sang animator, tapi tidak lepas juga terhadap hukum alam dan hukum fisika. Didalam menganimasikan sebuah objek, tidakkan lepas tentang kecepatan, percepatan, gravitasi, daya, bobot dan hukum sebab akibat. Misal, mobil berjalan kemudian berhenti. Pasti tidak langsung berhenti begitu saja kan ! pasti ada gerakan dipercepat dan diperlambat. Untuk hasil yang maksimal, perlu diperhatikan semua aspek.
·         H. ARCH
·         Mungkin hidup ini juga tidak begitu saja lurus tanpa usaha apapun. Begitu juga dengan animasi. Didalam menganimasikan objek, khususnya yang bergerak belok\melingkar perlu diperhatikan juga agar hasilnya sangat alamiah. Tentang beban, gaya dan arah perlu juga diperhatikan.
·         EXAGGERATION
·         Disini hasil animasi akan tampak lebih memukau kalau di beri sentuhan mendramtisasi. Misalnya saja, sebuah kaleng dilempar, makan gerakannya akan memutar berbolak-balik dari bawah sampai ke bawah lagi dengan memberikan efek blur\kabur disetiap jejak yang telah dilewati.
·         J. STAGING
·         Pengaturan yang tidak kalah penting adalah teknik frame\layar\panggung. Untuk hasil yang maksimal, gunakan objek latar yang proporsional dengan objek utama baik letak, posisi dan ukuran. Agar pesan dan kesan dari objek utama jelas dan terpahami. Dan juga bisa di nalar dengan akal walaupun film animasi adalah fiktif.
·         K. APPEAL
·         Appeal merupakan lanjutan dari staging. Dimana teknik appeal adalah pola\cara meletakkan objek-objek terhadap objek utama dan latar, jarak objek, sudut objek ataupun gerak kamera sehingga tampak realistis. Dimana dalam teknik hanya banyak menampilkan bagian yang berkesan saja, tanpa menampilkan banyak gerakan yang berlebihan. Banyak di pakai film Anime produksi Jepang.
·         L. PERSONALITY
·         Karakter tokoh film animasi akan lebih kuat, bermakna, hidup dan berkarakter apabila dipahami terlebih dahulu segala sesuatunya tentang karakter tersebut, seperti sifat fisik, sifat sikis, latar belakang ekonomi, sosial budaya, ataupun sejarahnya sehingga dapat dideskripsikan dengan baik.
·         SOFTWARE PEMBUAT ANIMASI
·         ANIMASI 2 DIMENSI ( DWI-MATRA)
·         MACROMEDIA FLASH
·         CoRETAS
·         CorelR.A.V.E
·         AFTER EFFECT
·         MOHO
·         CreaTooN
·         ToonBoom
·         AUTODESK ANIMATION (1990-AN)
·         B. ANIMASI 3 DIMENSI ( TRI-MATRA )
·         MAYA
·         3DS MAX
·         MAXON CINEMA 4D
·         LIGHTWAVE
·         SOFTIMAGE
·         POSER
·         MOTION BUILDER
·         HASH ANIMATION MASTER
·         WINGS 3D
·         CARRARA
·         INFINI-D
·         CANOMA
·         PERKEMBANGAN ANIMASI DI INDONESIA
·         Bagaimana perkembangan film animasi di Indonesia !Pada tahun 1980-an ada film produk Indonesia yang menjadi serial televisi yaitu Si Huma yang menjadi favorit anak – anak pada masa itu. Tahun 2004, merupakan sejarah bagi per-Animasian Indonesia dengan dibuatnya film cerita panjang animasi 3D pertama oleh studio Kasat Maja Jogja, bekerja sama dengan Kelompok Visi Anak Bangsa Pimp. Garin Nugraha membuat film animasi 3D “Homeland” dengan sutradara Gangsar Waskito. Bagaimana dengan studio animasinya..Dalam waktu dekat ini Indonesia akan mempunyai studio animasi pertama.


Sebelum membuat Storyboard, disarankan untuk membuat cakupan Storyboard terlebih dahulu dalam bentuk rincian naskah yang kemudian akan dituangkan detail grafik dan visual untuk mempertegas dan memperjelas tema. Batasan produksi terakhir akan dijelaskan supaya sesuai dengan jenis produksi yang ditentukan, misalnya Storyboard akan digunakan untuk film, iklan, kartun ataupun video lain.
Untuk mempermudah membuat proyek, maka harus dibuat sebuah rencana kasar sebagai dasar pelaksanaan. Outline dijabarkan dengan membuat point-point pekerjaan yang berfungsi membantu untuk mengidentifikasi material apa saja yang harus dibuat, didapatkan, atau disusun supaya pekerjaan dapat berjalan.
Dengan menggunakan outline saja sebenarnya sudah cukup untuk memulai tahapan pelaksanaan produksi, tetapi dalam berbagai model proyek video, seperti iklan televisi, company profile, sinetron, drama televisi, film cerita dan film animasi tetap membutuhkan skenario formal yang berisi dialog, narasi, catatan tentang setting lokasi, action, lighting, sudut dan pergerakan kamera, sound atmosfir, dan lain sebagainya..
Penggunaan Storyboard jelas akan mempermudah pelaksanaan dalam proses
produksi nantinya. Format apapun yang dipilih untuk Storyboard, informasi berikut harus dicantumkan:
o    Sketsa atau gambaran layar, halaman atau frame.
o    Warna, penempatan dan ukuran grafik, jika perlu.
o    Teks asli, jika ditampilkan pada halaman atau layar.
o    Warna, ukuran dan tipe font jika ada teks.
o    Narasi jika ada.
o    Animasi jika ada.
o    Video, jika ada.
o    Audio, jika ada.
o    Interaksi dengan penonton, jika ada.
o    Dan hal-hal yang perlu diketahui oleh staf produksi.

·         Daftar cek Storyboard :
·         Harus ada Storyboard untuk tiap halaman, layar atau frame.
·         Tiap Storyboard harus diberi nomor.
·         Setiap detail yang berhubungan(warna, grafik, suara, tulisan, interativitas, visual dicantumkan)
·         Setiap teks atau narasi dimasukkan dan diperiksa sesuai dengan nomor Storyboard yang berhubungan.
·         Setiap anggota produksi harus mempunyai salinan atau akses yang mudah ke Storyboard.

·         Jangan beranggapan bahwa Storyboard itu hal yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup. Cara membuatnya juga cukup dengan software pengolah kata maupun spreadsheet yang kita kuasai, tidak perlu muluk-muluk menggunakan aplikasi pembuat Storyboard professional.
·         Beberapa alasan mengapa menggunakan Storyboard:
o    Storyboard harus dibuat sebelum tim membuat animasi.
o    Storyboard digunakan untuk mengingatkan animator.
o    Storyboard dibuat untuk memudahkan membaca cerita.

Tidak ada komentar

Pages - Menu

Diberdayakan oleh Blogger.