Header Ads

Membuat Danbo Dengan Blender

MEMBUAT DANBO PADA APLIKASI BLENDER


Kali ini saya akan menjelaskan tutorial mengenai cara pembuatan Danbo melalui aplikasi Blender. Baiklah, pertama-tama kita buka dahulu Blendernya. Setelah masuk kedalam Blender, maka akan masuk ke tampilan default yang terdiri dari Cube, Camera dan Lamp. Tampilan awal ini masih masuk kedalam tampilan Object Mode.




Untuk mengedit Cube tersebut, caranya adalah kita masuk ke tampilan Edit Mode yang gunanya untuk mengedit suatu object. Dengan cara menekan shortcut Tab. Atau bisa juga langsung memilih tampilan Edit Mode tersebut yang ada di bagian bawah. Setelah masuk ke Edit Mode, maka Cube tersebut akan berwarna kuning. Itu berarti Cube tersebut telah diseleksi semua atau bisa disebut sedang di blok.


Setelah itu kita pindah tampilan menggunakan tampilan Top Pers atau melihat object dari atas dengan cara menekan Numpad 7.



Kemudia kita akan membuat garis pada object Cube ini dengan cara CTRL + R. lalu arahkan pointer mendekati object tersebut. Kalau pointer diletakkan dibawah object maka akan membuat garis vertical, sedangkan pointer diletakkan di samping object maka akan membuat garis horizontal. Saya membuat garis veritical dulu. Setelah diarahkan dibawah object maka akan muncul garis berwarna pink. Untuk menambah garis tersebut caranya tinggal scroll mouse keatas untuk menambah garis dan scroll kebawah untuk mengurangi garis. Setelah di scroll satu kali, maka akan menambah garis menjadi 2. Setelah itu , kita klik 1x untuk meyakinkan pilihan garis tersebut. Setelah itu kita ingin membuat garis tersebut berada di samping , caranya tekan S (untuk scale) + X (untuk koordinat X). setelah itu tarik sesuai yang diinginkan.


Selanjutnya membuat garis horizontal, caranya juga sama tinggal CTRL + R lalu scroll keatas unutk membuat 2 garis. Setelah itu klik 1x untuk meyakinkan garis tersebut. Selanjutnya kita arahkan garis tersebut berada diatas dan di bawah dengan cara tekan S + Y lalu tarik garis tersebut sampai berada di posisi samping .


Setelah selesai membuat garis, sekarang kita masuk ketampilan Bottom Pers degan cara klik CTRL + Numpad 7 untuk melihat object dari bawah.


Setelah itu kita masuk ke Face, maka akan terlihat titik pada tengah kotak kecil tersebut. Lalu kita seleksi bagian tenga object tersebut.


Setelah di seleksi lalu kita masuk ke tampilan Right Persp dengan cara klik Numpad 3. Setelah itu bagian yang diseleksi tadi kita klik E untuk Extrude lalu tarik kebawah.


Maka akan terlihat bagian tersebut dan kita sudah membuat bagian leher dari Danbo.


Masih pada bagai seleksi yang sebelumnya, sekarang kita akan membuat badan dari Danbo ini. Caranya kita klik S + E lalu tarik kesamping maka akan muncul seperti garis memanjang. Jangan lupa untuk merubah tampilna nya enjadi Front Persp atau tampilan depan.


Setelah itu kita klik E pada bagian sebelumnya lalu kita tarik kebawah. Maka jadilah badan dari danbo tersebut.


Selanjutnya kita buat sebuah garis untuk membuat tangannya. Setelah membuat garis lalu tarik garis tersebut keatas.

Kita rubah tamppilan menjadi Left Persp caranya klik CTRL + Numapad 3. Selanjutnya kita membuat 2 garis . Setelah itu seleksi pada bagain tengah dari badan tersebut lalu masuk ke Face.


Setelah itu pada bagian yang di seleksi kita klik E lalu kita tarik. Maka akan terlihat sebuah bahu. Setelah itu kita seleksi pada bagian bawah bahu tersebut. Lalu kita klik E lalu kita tarik kebawah.

Maka akan jadi sebuah tangan dari Danbo.


Setelah itu kita pindah tampilan ke Bottom Persp. Lalu kita buat garis seperti gambar berikut.


Jika sudah, sekarang masuk ke Face. Lalu seleksi pada bagian kiri dan kanan tersebut. Setelah itu kita klik E. maka akan muncul sebuah kaki.

Selanjutnya kita buat garis lebih dahulu lalu letakkan pada bagian bawah dan taruh dekat dengan batas tepi dari badan. Setelah itu kita seleksi seperti berikut. Selanjutnya kita klik E. maka akan mucul penambahan object yang diagonal.

Setelah itu kita seleksi seperti berikut. Selanjutnya kita klik E. maka akan mucul penambahan object yang diagonal. Lakukan itu secara berulang baik bagian kiri, kanan dan belakang. Jika sudah maka akan muncul gambar sebagai berikut.

Selanjutnya untuk pembuatan mulut dari Danbo. Pertama seleksi pada bagian wajah Danbo. Lalu klik E dan tarik kedalam tidak usah terlalu jauh.

Selanjutnya kita beri warna pada mulut tersebut dengan cara kita masuk ke material. Lalu kita klik New untuk membuat warna pada mulut dan badannya. Lalu pilih warna hitam untuk mata dan mulutnya dan warna coklat untuk badannya.


Pada bagian mulut yang diseleksi semua baik bagian kiri kanan atas bawah lalu kita pilih warna hitam lalu kita apply pada material. Maka mulut tersebut akan berwarna hitam.


Untuk bagian mata juga sama, kita klik E lalu tarik kedalam. Lalu seleksi semua bagian mata tersebut,. Lalu kita pilih warna pada material berwarna hitam, lalu klik apply.


Maka bagian mata dan mulut sudah selesai dibuat.


Sekarang kita beri warna pada badan Danbo ini. Kita klik A untuk menyeleksi semua bagian dari Danbo ini. Kita jangan seleksi bagian mulut dan mata dengan cara tahan tmbol SHIFT lalu kita klik kanan pada bagian yang tidak ingin diseleksi. Setelah selesai semua kita pilih warna coklat pada material lalu klik apply. Maka badan Danbo ini akan berwana coklat.


Berikut ini adalah hasil dari Danbo ini. Beri tambahan Lamp dan atur Camera.


Setelah itu klik f12 maka akan muncul tampilan seperti ini.

Tidak ada komentar

Pages - Menu

Diberdayakan oleh Blogger.